Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Stunting, Dewan Ajak Masyarakat Rutin Konsumsi Ikan

  • Oleh Hendri
  • 05 November 2021 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengajak masyarakat kota setempat agar gemar mengonsumsi ikan. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Stunting menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak," katanya, Jumat, 5 November 2021.

Tidak hanya tubuh pendek, stunting memiliki banyak dampak buruk untuk anak. Untuk itu, dia mengajak masyarakat agar gemar memakan ikan, karena ikan mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Stunting pada anak, lanjut Anna, dapat mempengaruhi anak dari kecil hingga dewasa. Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Seiring dengan bertambahnya usia anak, stunting dapat menyebabkan berbagai macam masalah, seperti kecerdasan anak di bawah rata-rata sehingga prestasi belajarnya tidak bisa maksimal, sistem imun tubuh anak tidak baik sehingga anak mudah sakit, anak akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

"Gizi yang baik dan tubuh yang sehat merupakan kunci dari pencegahan stunting. Gemar makan ikan harus ditanamkan kepada anak sejak dini, artinya orang tua sangat berperan agar anak gemar makan ikan sebagai salah satu sumber gizi," ungkapnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, dengan gemar makan ikan diharapkan masyarakat khususnya anak dapat terhindar dari stunting. Sehingga dengan demikian, ke depannya generasi muda mempunyai kualitas yang lebih mempuni terutama bersaing di era industri 4.0. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru