Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Kobar Jelaskan Dampak La Nina dan Bencana Hidrometeorologi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 November 2021 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap La Nina dan peningkatan risiko bencana Hidrometeorologi di wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Iskandar, Kotawaringin Barat, Aqil Ihsan mengatakan untuk di wilayah Kobar, Provinsi Kalimantan Tengah memang La Nina sedikit berdampak, namun lebih banyak dipengaruhi oleh fenomena lokal.

"Kondisi untuk wilayah Kobar lebih banyak dipengaruhi oleh fenomena lokal, misal konvergensi atau belokan angin dan lainnya. Meski La Nina sedikit berdampak, namun memang harus di waspadai, karena tetap berpotensi juga menambah curah hujan dari normalnya," kata Aqil Ihsan, Sabtu 6 November 2021.

Di wilayah Kobar dan sekitarnya diperkirakan akan ada peningkatan hujan dari biasanya, sehingga potensi untuk banjir dan bencana Hidrometeorologi lainnya tetap ada sampai bulan April ke depan.

"Tentunya diimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada ditengah cuaca yang cukup ekstrem ini," ungkapnya.

Aqil menjelaskan bencana Hidrometeorologi adalah bencana yang disebabkan faktor cuaca, bisa cuaca ekstrem yang mengakibatkan angin kencang, puting beliung, tanah longsor dan banjir.

Kemudian untuk La Nina sendiri adalah kondisi menyimpangnya keanehan di Samudra Pasifik dan kondisi itu emang terjadi secara berulang.

Sebagai contoh La Nina itu disebabkan misalnya Samudra Pasifik kondisi suhu permukaan laut dingin, sehingga suhu permukaan laut di wilayah Indonesia menjadi hangat.

"Jadi, karena suhu laut di Indonesia itu hangat maka curah hujannya pun meningkat dari 20 persen hingga 70 persen dari normalnya," jelasnya.

Aqil menambahkan jika lawan dari La Nina sendiri adalah El Nino dan itu adalah fenomena biasa. Kemudian perlu diketahui La Nina itu bukan badai, terkadang ada informasi yang menyebutkan jika La Nina itu badai, maka itu konsep yang salah. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru