Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati: Terus Kembangkan Potensi Barito Timur sebagai Lumbung Pangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 November 2021 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh mendorong pengembangan potensi Barito Timur sebagai lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

Hal itu disampaikan Wabup saat menghadiri kegiatan panen jagung pakan pada Kelompok Tani Jata Harapan, Desa Kalamus Kecamatan Paku, Selasa, 9 November 2021.

"Kabupaten Barito Timur telah mampu menghasilkan beras, jagung pakan ternak, ayam pedaging dan telur ayam. Ini membuktikan bahwa Gumi Jari Janang Kalawah ini telah menjadi lumbung pangan Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Wabup didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Camat Paku.

Karena itu, lanjut dia, potensi tersebut terus dikembangkan sehingga kelak Barito Timur dapat menjadi penyanggah utama logistik pangan ibu kota negara yang baru.

Melihat potensi besar tersebut, Wabup berharap pandemi covid-19 segera berakhir agar perekonomian Barito Timur, termasuk sektor pertanian kembali bertumbuh dan berkembang.

Sementara itu, Camat Paku, Paskahariadi menambahkan, pengembangan jagung pakan di Desa Kalamus selaras dengan program ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan Pemkab Barito Timur. Dia berharap pengembangan jagung pakan dapat berhasil dengan baik sehingga menjadi percontohan bagi kelompok tani yang lain.

“Nanti kalau rencana pembangunan pabrik pakan ternak terealisasi, akan semakin memudahkan masyarakat menjual hasil panen dengan harga yang juga tinggi,” ujarnya.

Paskahariadi mengatakan panen jagung milik Kelompok Tani Jata Harapan menjadi motivasi bagi petani lain di Kecamatan Paku untuk mengembangkan jagung pakan sehingga kebutuhan bahan pakan ternak ayam di Desa Kalamus dapat terpenuhi.

"Pengembangan jagung pakan ini adalah program pemberdayaan masyarakat dari Pemerintah Desa Kalamus," tandasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru