Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Perlu Dukung Pemerintah Cegah Bencana

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 November 2021 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Kita juga berharap peran serta masyarakat tidak harus pemerintah, masyarakat juga bisa menjaga lingkungan," tutur Kepala BPBPK Kalteng, Erlin Hardi, Kamis 11 November 2021.

Ia mencontohkan salah satu langkah yang bisa dilakukan masyarakat di kota besar adalah membantu menjaga kebersihan drainase, sehingga tidak banjir.

Masyarakat juga perlu waspada bencana terlebih untuk mereka yang tinggal di kawasan bantaran sungai. Jika terjadi luapan air sungai sudah dipastikan akan terendam.

"Masyarakat juga perlu waspada karena bantaran sungai jika meluap sudah terendam banjir. Makanya siap-siap evakuasi dan jangan bertahan, selamatkan banda-benda berharga," tuturnya.

Seperti diketahui berdasarkan pantauan satelit cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kalimantan Tengah menjadi 1 dari 6 wilayah yang ada di Indonesia berstatus siaga banjir pada awal November 2021.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat berdampak pada banjir, dengan status siaga di Kalimantan Tengah ada di Kabupaten Kapuas, Barito Selatan dan Barito Timur.

Sedangkan untuk status waspada ada di wilayah Pulang Pisau, Kota Palangkaraya, Gunung Mas, Barito Utara dan Murung Raya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru