Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Kabupaten Barito Utara Hidup Rukun dan Damai

  • Oleh Ramadani
  • 16 November 2021 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan, masyarakat di Kabupaten Barito Utara dengan kemajemukan suku dan agama dapat hidup rukun damai saling menghormati satu sama lain.

Hal tersebut dikatakan Bupati Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda), Muhlis pada pembukaan pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan dialog kerukunan umat beragama di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Selasa, 16 November 2021.

“Peran FKUB sangatlah besar sebagai garda terdepan dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama tentulah harus siap menghadapi tantangan yang tak bisa dihindari. Identifikasi kekuatan atau kelemahan internal dan eksternal harus segera dilakukan,” kata Sekda Muhlis.

Demikian halnya, kata Sekda, strategi yang perlu dipersiapkan dan segera harus dibuat. Koordinasi dan konsolidasi antarlembaga dan pengurus FKUB merupakan hal yang utama dan perlu dilakukan.

Dikatakannya, arah kebijakan dan strategis nasional untuk meningkatkan kerukunan umat beragama yaitu melaksanakan dialog antarumat beragama untuk memperoleh pemahaman tentang agama yang berwawasan multikultural.

Selain itu juga, kata Muhlis, membentuk dan memberdayakan FKUB di provinsi dan kabupaten-kota, peningkatan kerja sama dan kemitraan antara pemerintah, pemerintah daerah, tokoh agama, lembaga sosial keagamaan dan kemasyarakatan dalam pencegahan dan penanggulangan konflik, serta penguatan peraturan perundang-undangan mengenai kerukunan umat beragama.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada kita semua dan masyarakat Kabupaten Barito Utara pada khususnya, mari kita bergandengan tangan dan selalu bekerjasama dalam memelihara dan menjaga kerukunan umat beragama dengan sebaik-baiknya demi keamanan, ketentraman dan ketertiban kita bersama,” katanya.

Kegiatan tersebut diikuti 25 peserta yang terdiri atas pengurus FKUB Barito Utara 17 orang, penyuluh Agama Negeri (Islam dan Kristen) 4 orang dan Guru Agama ( Islam, Kristen, Katolik dan Hindu) 4 orang.

Selain itu, juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H Noor Fahmi, Kepala Kemenag Barito Utara H Muhammad Yusi Abdhian, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, unsur FKPD, ketua FKUB Barito Utara dan tokoh masyarakat maupun agama.(RAMADHANI/B-7)

 

Berita Terbaru