Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ajang Silaturahmi dan Informasikan Program Baru, BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Bun Gelar Customer Gathering dan Sharing

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 November 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna menjalin silaturahmi dengan mitra perusahaan agar berbagai informasi terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan bisa dimanfaatkan oleh karyawannya sebagai perlindungan kerja, BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Bun menggelar kegiatan customer gathering dan sharing.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Avila Hotel Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis, 18 November 2021 ini disampaikan berbagai informasi layanan klaim jaminan kecelakaan kerja serta administrasi kepesertaan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bupati Kobar Nurhidayah yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi beberapa program terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan yang dianggap sangat bermanfaat bagi karyawan perusahaan dan masyarakat luas khususnya pelaku UMKM.

"Program tersebut yaitu Perlindungan Kehilangan Pekerjaan yang bakal dilaksanakan tahun 2022. Serta program perlindungan bagi pekerja rentan contohnya pelaku UMKM yang dana perlindungannya dibayarkan oleh perusahaan swasta melalui dana CSR," jelasnya. Menurutnya program BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pekerja.

"Contohnya program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Karena berkaca pada kondisi pandemi covid-19. Banyak karyawan kehilangan pekerjaan lantaran perusahaan mengalami kesulitan keuangan parah dan terpaksa memberhentikan karyawannya. Sehingga dengan adanya jaminan sosial seperti ini sangat membantu, jadi pihak perusahaan juga diminta untuk mengambil bagian dalam program tersebut," jelasnya.

Karena, menurut Bupati, pekerja adalah merupakan pahlawan penggerak roda perusahaan. "Jadi, tanpa dukungan penuh dari karyawan tentunya perusahaan juga susah untuk maju. Sehingga pihak perusahaan juga diharapkan untuk dapat memfasilitasi karyawan untuk mendapatkan haknya yaitu Program Perlindungan Ketenagakerjaan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Bun, I Nyoman Hary Sujana mengatakan selain itu juga diharapkan kepedulian perusahaan untuk melindungi para pekerja rentan yang biasanya bekerja dalam sektor informal.

"Contohnya pelaku UMKM yang lokasinya disekitar perusahaan. Menggunakan dana CSR perusahaan tersebut, sehingga para pekerja rentan juga bisa mendapatkan perlindungan kerja. Contohnya hari dua RS swasta di Pangkalan Bun yaitu RS Harapan Insani dan RS Citra Husada, menyerahkan bantuan CSR berupa pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selama 6 bulan bagi para 100 UMKM yang berada di sekitar masing-masing RS," jelas I Nyoman Hary Sujana.

Selain itu dalam kegiatan ini juga digelar penyerahan manfaat jaminan sosial bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan atas nama Siti Fatimah, seorang karyawan perusahan kelapa sawit yang meninggal akibat kecelakaan kerja

Diwakili oleh manajemen tempat peserta BPJS Ketenagakerjaan itu bekerja, ahli waris menerima manfaat dari kepesertaan sebesar Rp 336.310.460 serta beasiswa bagi anak peserta sampai perguruan tinggi.

Berita Terbaru