Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Optimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

  • Oleh Hendri
  • 18 November 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Optimalisasi ini dikakukan dengan mengadakan sosialiasi sertifikat elektronik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.

Plt, Kadis Kominfo Kota Palangka Raya, Fifi Arfina mengatakan penerapan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdampak pada integrasi sistem.

"Implementasi SPBE yang terpadu ini bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi," katanya, Kamis 18 November 2021.

Menurutnya, salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya SPBE.

Pasalnya, SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi penyelenggaran pelayanan publik.

"Sosialisasi ini diselenggarakan dengan maksud memberikan pemahaman untuk memenuhi aspek keamanan dalam penyelenggaraan sistem elektronik Pemerintah melalui pemanfaatan sertifikat elektronik itu sendiri," jelasnya.

Salah satu prinsip SPBE adalah keamanan teknologi informasi dan komunikasi dengan kata lain SPBE membutuhkan sertifikat elektronik sebagai teknologi pengamanan yang menjamin kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan dan keaslian data.

"Masyarakat mengharapkan pemerintahan yang responsif yaitu dapat memberikan respon langsung tanpa harus melewati proses yang sulit. Dengan SPBE hal itu sangat dimungkinkan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru