Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Dewan: Kobar Bisa Adopsi Cara Peternakan di Purwokerto

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 November 2021 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat mengharapkan kegiatan kades dan camat belajar soal peternakan sapi dan kambing di Purwokerto, Jawa Tengah ke depanya bisa diterapkan untuk peningkatan peternakan di Kobar.

Anggota DPRD Kobar, Sutiyana yang ikut mendampingi para Kades dan Camat mengatakan bahwa ada sejumlah desa di Purwokerto yang menjadi tempat belajar para kades dan Camat.

Di sana para Kades dan Camat melihat keberhasilan Purwokerto dalam mengembangkan peternakan sapi dan kambing penghasil susu dengan kualitas terbaik.

"Sementara ini Kobar baru mengembangkan sapi untuk kebutuhan daging, sehingga sangat bagus ketika para Kades dan Camat belajar soal pengembangan ternak sapi dan kambing penghasil susu," katanya.

Sebenernya potensi yang dikembangkan di Purwokerto tersebut juga bisa diterapkan di Kobar, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara detail untuk peternakan sapi dan kambing sebagai penghasil susu.

"Terutama soal pakan ini sangat berpengaruh dengan hasil susunya. Tidak bisa sembarangan pakan bisa diberikan kepada ternak sapi dan kambing penghasil susu ini. Beda jauh dengan pengembangan sapi untuk daging yang di integrasikan dengan sawit," jelasnya.

Kemudian faktor suhu udara dan kebersihan kandang juga menjadi penentu. Saat di Purwokerto, ternak sapi dan kambing penghasil susu ini lokasinya sangat bersih dan terjaga.

"Pada situasi tertentu, pegelola ternak juga memperhatikan suhu kandang. Sehingga kualitas susu yang dihasilkan sapi maupun kambing memang terbaik," imbuhnya.

Potensi ini menurut politisi Golkar ini bahwa Kobar sangat memungkinkan untuk pengembangan ternak sapi dan kambing penghasil susu. Pangsa pasar juga masih terbuka luas dan hal ini menjadi peluang yang snagat menjanjikan. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru