Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Sebut Normalisasi Sungai Penting Untuk Meminimalisir Banjir

  • Oleh Donny Damara
  • 19 November 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng juga sebagai Ketua Komisi II, Lohing Simon menyebutkan normalisasi sungai yang mengalami pendangkalan penting untuk meminimalisir kejadian banjir.

Berdasarkan informasi yang ada rata-rata sungai yang berada di daerah hulu di Kalteng banyak yang mengalami pendangkalan. Hal ini terjadi karena diakibatkan berbagai aktivitas masyarakat seperti penambangan.

"Jadinya ketika musim penghujan sungai-sungai yang mengalami pendangkalan itu tidak dapat menampung debit air dengan maksimal, sehingga menyebar kemana-mana," kata Lohing, Jumat, 19 November 2021.

Dia menjelaskan, banjir terjadi bukan semata-mata diakibatkan oleh faktor alam seperti hujan. Akan tetapi ada juga keterlibatan berbagai macam aktivitas manusia seperti ekploitasi hutan dan sebagainya.

Oleh karena itu, terkait berbagai permasalahan yang menyebabkan banjir setiap tahunnya terjadi di Kalteng perlu ditangani dengan serius serta dioptimalkan, sehingga kejadian serupa dapat diminimalisir.

"Hal-hal yang berkaitan dengan pendangkalan sungai perlu menjadi perhatian pemerintah, baik itu yang menyebabkan sungai menjadi dangkal maupun melakukan normalisasi," tuturnya.

Dirinya berharap pemerintah bisa secepatnya melakukan pengkajian terkait masalah yang mengakibatkan banjir terjadi saat ini. Sehingga, beberapa daerah di Kalteng tidak secara terus-menerus mengalami musibah tersebut. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru