Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Pemerintah Perlu Lakukan Pemetaan Terhadap Daerah Rawan Bencana

  • Oleh Donny Damara
  • 19 November 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengatakan pemerintah perlu melakukan pemetaan terhadap daerah rawan bencana di Kalteng.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam penanggulangan maupun penanganan dampak bencana ketika dan sesudah terjadi. Sebab, di Kalteng sendiri ada beberapa daerah yang rawan terjadi bencana alam maupun non alam.

"Karena bentuk setiap wilayah atau karakteristiknya berbeda-beda, jadi pemetaan itu perlu sebagai bagian dari mitigasi dan adaptasi sehingga bisa meminimalisir kerugian dan korban jiwa," ujarnya, Jumat, 19 November 2021.

Di Kalteng, lanjut dia, dalam beberapa tahun ini ketika musim penghujan, kejadian bencana seperti salah satunya banjir sering kali terjadi dan mengakibatkan banyak masyarakat yang terdampak.

Terlebih lagi bagi masyarakat yang bermukin di wilayah bantaran DAS. Sehingga, pemetaan secara menyeluruh penting dilakukan agar untuk mempermudah penanggulangannya kedepan.

Di sisi lain pemerintah juga perlu melakukan pengkajian-pengkajian terkait permasalahan bencana contohnya banjir. Sebab, selain faktor alam seperti hujan dengan itensitas tinggi pastinya ada faktor lain yang mengakibatkan banjir bisa terjadi.

"Permasalahan bencana seperti banjir tidak akan selesai jika tidak dilakukan pengkajian mendalam. Faktor-faktor penyebab lainnya selain akibat hujan perlu dilakukan salah satunya normalisasi sungai atau semacamnya," pungkasnya. (DONNY D/B-7)
 

Berita Terbaru