Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Intrusikan Penanganan Masyarakat Sakit Akibat Banjir

  • Oleh Donny Damara
  • 20 November 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengintruksikan kepada pihak rumah sakit yang ada di daerah terdampak banjir agar segera menangani masyarakat yang sedang menderita sakit.

Dia mengatakan, pada saat ia mengecek langsung ke lapangan untuk melihat keadaan pengungsi banjir khususnya Palangka Raya, ada banyak warga yang sakit dan membutuhkan penangan pihak kesehatan.

"Saat saya mengecek langsung keadaan pengungsi, melihat ibu hamil, anak-anak, warga yang sakit, banyak sekali warga yang sakit, ini mendesak harus segera kita tangani," ujarnya, Sabtu, 20 November 2021.

Dijelaskannya, warga yang sedang menderita sakit akibat banjir yang terjadi saat ini perlu segera dibawa dan dirawat di rumah sakit. Sehingga, dapat penanganan kesehatan dengan baik.

"Kapan perlu jika memang dibutuhkan untuk dirujuk ke luar dari Kalteng misalnya Jakarta, supaya segera dirujuk. Mengenai biaya akan ditanggung oleh pemerintah," sebutnya.

Di sisi lain, ungkap dia, kini pihaknya tengah fokus melakukan penanganan dampak banjir di Kalteng. Adapun langkah jangka pendek pemerintah dalam penanganan dampak banjir ini yakni dengan memberikan bantuan bahan pokok bagi warga terdampak, menyediakan tempat pengungsian sementara dan dapur umum serta bantuan mendasar yang dibutuhkan.

"Untuk jangka panjang, harus ada upaya komprehensif pengkajian akar permasalahan penyebab banjir selain disebabkan curah hujan," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru