Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Terjadinya Bencana, Dewan Minta Reboisasi kembali Hutan yang Rusak

  • Oleh Donny Damara
  • 22 November 2021 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Kalteng selain akibat curah hujan tinggi diyakini ada penyebab lain seperti salah satunya kerusakan hutan.

Untuk mencegah terjadinya bencana seperti banjir Anggota DPRD Kalteng, Sriosako meminta kepada pihak terkait supaya mereboisasi kembali hutan yang mengalami kerusakan.

"Secara ilmiah apabila hutan mengalami kerusakan maka daya serap air menjadi berkurang, ini yang mengakibatkan terjadinya bencana. Perlu ada perhatian dari semua pihak terkait hal itu," kata dia, Senin, 22 November 2021.

Dia menjelaskan reboisasi hutan sangat penting dilakukan. Sebab hutan memiliki peranan penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem terutama mencegah terjadinya berbagai bencana contohnya banjir, tanah longsor, dan lain-lain.

Selain itu mengenai reboisasi hutan dan juga terkait anggaran yang disiapkan untuk melakukan reosiasi hutan telah diatur dalam undang-undang maupun peraturan pemerintah.

Maka dari itu setiap peraturan yang telah dikeluarkan harus dapat menjadi acuan bagi pihak-pihak terkait untuk melaksanakan reboisasi hutan yang mengalami kerusakan akibat berbagai aktivitas seperti pertambangan dan sebagainya.

"Tentu kita tidak ingin bencana di provinsi ini terus terjadi, karena akan ada banyak yang terdampak. Harapan kita, setiap kebijakan dan peraturan jangan sampai diabaikan ini penting guna untuk kelangsungan kehidupan dimasa akan datang," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru