Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hewan Ternak Diungsikan Bertambah di RPH Kalampangan

  • Oleh Hendri
  • 22 November 2021 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banjir yang melanda Kota Palangka Raya tidak hanya berdampak buruk bagi manusia. Bencana ini juga berdampak terhadap hewan ternak milik warga Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sebangau.

Kepala UPT Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Palangka Raya Ganjar Priyatno mengatakan sampai saat ini ada 43 ekor sapi ternak milik warga yang diungsikan di RPH tersebut.

Kondisi ini disebabkan kondisi air yang semakin bertambah setiap harinya, membuat warga terpaksa harus turut mengevakuasi hewan ternak ke tempat yang lebih aman.

“Sejak dua minggu lalu warga memang telah mengungsikan sapinya di sini. Satu per satu setiap hari ada saja yang membawa ternaknya ke RPH untuk dititipkan karena kawasan kandang mereka sudah terendam air cukup tinggi,” ungkapnya, Senin 22 November 2021.

Pihak RPH sendiri sementara ini hanya menyediakan fasilitas kandang dan air minum. Untuk pemantauan kesehatan hewan ternak, akan dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang berada tepat di depan RPH.

“Untuk makanan sapi itu sendiri, warga pemilik hewan ternak sendiri yang akan mencari dan memberi makan," ujarnya.

"Info dari masyarakat banjir di Kelurahan Kalampangan ada penurunan semoga banjir ini cepat berlalu," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru