Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Layanan Adminduk Dipermudah, Masyarakat Kobar Jangan Gunakan Jada Calo

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 November 2021 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat terus berupaya meningkatkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan layanan yang prima kepada masyarakat.

Bupati Kobar, Nurhidayah menyampaikan, bahwa layanan Adminduk di Dukcapil merupakan salah satu layanan dasar dan tolok ukur pelayanan dari pemerintah untuk masyarakat. Peningkatan layanan yang diberikan agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Seperti keberadaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ini untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan. Jangan sampai ada lagi yang menggunakan jasa calo' atau pihak ketiga yang mengambil untung," katanya.

Nurhidayah menambahkan jika layanan dari Disdukcapil ini sudah banyak yang melalui sitem online, sehingga masyarakat bisa langsung dapat memohon keperluan dokumen tanpa harus tatap muka atau datang ke kantor Disdukcapil.

Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Kobar M Gusti Imansyah mengungkapkan, bahwa untuk mengantisipasi adanya calo atau pihak ketiga.

Dalam memberikan layanan pihaknya selalu memantau nomor telepon pemohon dokumen, sehingga akan mudah diketahui, aapakah itu murni pemohon perorangan atau calo.

"Saya tugaskan pegawai saya untuk mendata nomor dan nama pemohon dokumen. Apabila nama atau nomor tersebut melakukan permohonan secara berulang kali, sudah dipastikan itu Calo'. Kalau nomor langsung saya perintahkan untuk di segera di blokir," ungkapnya.

Pihaknya akan selalu meningkatkan pelayanan dengan cepat dan gratis untuk masyarakat. Bahkan, agar setiap warga memiliki dokumen kependudukan, pihaknya rutin melakukan jemput bola ke pelosok desa.

"Maka kami juga perlu peran serta Camat dan Kades di Kobar untuk selalu mendata warganya yang belum memiliki adminduk, sehingga bisa didata dan kita berikan layanan Adminduk secara langsung," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru