Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api di Kotim Raih Penghargaan Wanalestari Nasional

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 26 November 2021 - 11:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Kalimantan III /Pangkalan Bun, Pondok Kerja Sampit, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, meraih penghargaan Wana Lestari tahun 2021dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Penghargaan itu diberikan bagi insan, kelompok atau aparatur pemerintah atas inisiatif, prestasi dan kinerja dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian LHK setiap hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pemenang kategori lomba dan apresiasi wana lestari tahun ini diumumkan dan diserahkan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, secara virtual melalui, Jumat, 19 Agustus 2021 lalu. 

Sementara itu, Anggota Manggala Agni Daops Kalimantan III/Pangkalan Bun (Pondok Kerja Sampit) Junaedi mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraihnya dan MPA binaan mereka.

"Untuk mendapatkan penghargaan ini kami harus melewati beberapa seleksi di mulai dari tingkat provinsi hingga nasional. Meliputi seleksi administrasi dan seleksi kemampuan teknis dalam pengendalian karhutla yang bersaing dengan anggota Manggala Agni dan MPA dari provinsi serta kabupaten lain," kata Junaedi, Jumat,  26 November 2021. 

Manggala Agni menjadi terbaik II pada Lomba Wana Lestari tahun 2021. Sedangkan Masyarakat Peduli Api, Desa Eka Baharui meraih juara III.

Junaedi berharap dengan diraihnya penghargaan ini dapat menjadikan motivasi dan semangat bersama untuk meningkatkan kelestarian lingkungan di Kotawaringin Timur. Khususnya dalam pengendalian Karhutla. 

Terpisah Kepala Daops (Kadaops) Manggala Agni Kalimantan III/Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop sangat mengapresiasi dan ikut berbangga atas capaian anggotanya dan MPA Eka Bahurui dalam meraih penghargaan tertinggi di Kementerian LHK. 

"Manggala Agni dan MPA merupakan perpanjangan KLHK dalam upaya pengendalian karhutla di tingkat tapak, sinergitas dan kapasitas  Manggala Agni dan MPA harus selalu di tingkatkan yang mana tugas mereka dalam pengendalian Karhutla selalu menjadi yang terdepan dan penghargaan ini sangat tepat untuk mereka dapatkan," ungkapnya. 

Binsar menambahkan, dengan diraihnya penghargaan ini akan menjadi pekerjaan rumah pihaknya. Agar menjaga lingkungan  bebas dari karhutla, menjaga langit tetap biru bebas dari asap. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru