Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Mamapas Lewu Digelar di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 03 Desember 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ritual Mamapas Lewu, Maarak Sahur Palus Manggantung Sahur Lewu kembali digelar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

Pembukaan upacara ritual yang digelar setiap akhir tahun tersebut dilaksanakan di Huma Betang Hapakat Jalan RTA Milono, Kamis 2 Desember 2021. Acara akan berlangsung selama empat hari dan puncaknya pada 4 Desember nanti.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng serta bekerja sama dengan Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan.

Kepala Disbudparpora Kota Palangka Raya, Ikhwanudin mengatakan kegiatan ritual ini mempunyai tujuan untuk memulihkan keseimbangan hubungan antara manusia dan Tuhan, serta manusia dengan alam sekitar, agar terhindar dari marabahaya dan bencana.

"Pelaksanaan kegiatan ini diyakini pula akan semakin mampu memperkuat dan mempererat nilai-nilai luhur masyarakat adat Dayak," katanya.

Dia menjelaskan, Mamapas Lewu merupakan kegiatan untuk membersihkan Kota Palangka Raya dari pengaruh jahat atau hal-hal buruk, baik oleh manusia maupun oleh roh jahat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian Maarak Sahur adalah ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Sedangkan manggantung Sahur Lewu adalah sebagai wujud permohonan kepada Yang Maha Kuasa agar Kota Palangka Raya selalu dijaga dan dilindungi dari hal yang tidak baik.

Hal ini juga sebagai upaya melestarikan nilai-nilai religius yang melekat pada masyarakat Kalteng agar tak punah dan tergusur oleh perubahan zaman, serta kemajuan perkembangan teknologi dan informasi. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru