Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalisasi PAD, Bapenda Kobar Lakukan Pendekatan Layanan Pajak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 Desember 2021 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya mengoptimalkan pendapatan asli daerah dengan membuat inovasi pendekatan layanan pajak berupa layanan terpadu satu pintu.

Bapenda Kobar bekerja sama dengan Bank Kalteng Pangkalan Bun menyiapkan mobil layanan di Kantor Bapenda. Mobil layanan pembayaran pajak daerah ini dapat digunakan untuk pembayaran untuk 11 jenis pajak daerah.

Kepala Bapenda Kobar, M. N. Ikhsan mengatakan kemudahan ini merupakan salah satu upaya Bapenda Kobar untuk meningkatkan PAD dan memberikan layanan terpadu satu pintu yang sudah seharusnya dilaksanakan.

"Saat ini layanan satu pintu dengan mobil dari Bank Kalteng tersebut masih dalam tahap uji coba dan operasional selama satu bulan terakhir," kata Ikhsan saat dikonfirmasi Borneonews, Senin, 6 Desember 2021.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari System Integration Testing (SIT) dan User Acceptance Testing (UAT), yang telah dilakukan oleh IT Bapenda Kobar bersama IT Bank Kalteng Pusat, di Bank Kalteng Pangkalan Bun.

Selain itu juga, melalui inovasi ini merupakan upaya Bapenda Kobar untuk menuju Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Rencana Bapenda Kobar untuk pembayaran 11 pajak daerah ini akan dikembangkan kembali kepada Bank Persepsi lainnya.

“Berkembang teknologi kita harus menyesuaikan diri. Kedepan selain Bank Kalteng akan kita upayan bank persepsi lainnya juga bisa melakukan pembayaran 11 pajak daerah,” ucapnya kembali.

Melalui layanan ini Bapenda Kobar berharap masyarakat Kabupaten Kobar dapat dimudahkan untuk melakukan pembayaran 11 pajak daerah. Menurutnya hal ini juga memberikan inovasi dan semangat baru untuk meningkatkan PAD.

"Pendaftaran dan penetapan pajak daerah, sekaligus pembayaran langsung pajak daerah saat ini sudah bisa kita lakukan di Bapenda Kobar, 'Bersama Bapenda, mewujudkan harapan daerah," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru