Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kapuas Dorong Sektor Swasta Bantu Jaminan Kesehatan Warga Kurang Mampu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Desember 2021 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas mendorong sektor swasta melalui Corporate Social Responsibilty (CSR) membantu jaminan kesehatan masyarakat yang kurang mampu di sekitar lokasi usahanya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan bahwa peran sektor swasta atau perusahaan besar swasta dapat membantu pembiayaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan terhadap warga sekitarnya kurang mampu.

"Swasta berperan, dunia usaha, mungkin itu suatu bentuk CSR misalkan membayarkan warga lingkup sekitar perusahaan tidak mampu itu bisa dibantu perusahaan membayar iuran. Itu yang kami dorong sehingga kita berharap masyarakat yang tidak mampu tercover jaminan kesehatannya," kata Budi, Sabtu, 11 Desember 2021.

Pihaknya pun bersama instansi terkait belum lama tadi telah melakukan rapat membahas skema terkait dengan pola pembiayaan PBI untuk BPJS Kesehatan karena ada beberapa ketentuan yang harus dikuti dan disesuaikan.

"Selain swasta kami juga membuka segmen-segmen APBN kita dorong dari pusat, segmen APBD, dan kami mendorong segmen dari Pemprov dulukan ada Kalteng Berkah. Kami harapkan ini tumbuh dan adalagi sehingga dapat membantu pemda se Kalteng membantu masyarakat yang benar-benar tidak mampu tapi terbatas aksesnya untuk mendapatkan PBI," ucapnya.

Dia menyebutkan, untuk Kabupaten Kapuas sendiri sudah cukup besar PBI yang telah di cover oleh pemerintah pusat itu hampir 105 ribu jiwa, Pemkab Kapuas di tahun 2021 itu sudah mengcover lebih dari 59 ribu.

"Artinya beban PBI itu jangan hanya dibebankan ke pemerintah yang untuk warga tidak mampu," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru