Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Retno Marsudi Tekankan Kemitraan ASEAN dan G7 Atasi Tantangan Global

  • Oleh ANTARA
  • 13 Desember 2021 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan arti strategis kemitraan ASEAN dan negara-negara G7 dalam mengatasi tantangan-tantangan global terkini.

Hal tersebut disampaikan Retno  saat mengikuti pertemuan G7 secara virtual dari Jakarta, Minggu (12/12).

“Saya sampaikan tahun 2022, kemitraan menjadi semakin penting karena tiga negara anggota ASEAN akan menjadi ketua, yaitu: Indonesia Ketua G20, Kamboja Ketua ASEAN, Dan Thailand adalah Ketua APEC,” kata dia.

Retno juga menyampaikan bahwa selama beberapa dekade, ASEAN telah menjadi penentu perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan.

Sementara G7 telah menunjukkan kepemimpinan global dalam mengatasi tantangan global.

“Dan saya memberikan penekanan pentingnya kerja sama pada dua hal: yaitu upaya mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi,” kata dia.

Mengenai upaya mengatasi pandemi, Retno menekankan tidak saja pada kesetaraan akses terhadap vaksin namun juga pentingnya membangun arsitektur kesehatan dunia yang lebih kuat.

“Mengenai kerja sama mempercepat pemulihan ekonomi, saya menyampaikan pentingnya mobilitas bisnis dan rantai pasok global yang aman, pentingnya mengembangkan arsitektur ekonomi dan finansial global yang inklusif dan berkelanjutan,” kata dia.

Retno mengatakan kemitraan ASEAN-G7 ini dapat menjadi contoh kolaborasi yang baik.

“Dan kemitraan semacam ini, saya sampaikan sangat diperlukan dalam membangun dunia yang inklusif, lebih hijau, dan berkelanjutan,” kata dia.

Terkait Indo-Pasifik, Retno menyampaikan tiga hal: pertama, semua sadar mengenai arti strategis Kawasan Indo-Pasifik.

Berita Terbaru