Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menengok Perahu Kelotok Menjadi Alat Tranportasi Keluarga

  • Oleh Magang 3
  • 16 Desember 2021 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Matahari kembali cerah, setelah tertutupi awan hitam disertai hujan siang ini. Terlihat perahu kelotok melintasi sungai Kahayan di Desa Bahaur, Kecamatan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau menuju Desa Sabangau, Kamis, 16 Desember 2021.

Tak jarang di zaman serba maju saat ini, masih ada keluarga yang tetap bertahan dan memilih menggunakan perahu sebagai alat transportasi keluarga untuk keperluan sehari-hari.

Mereka sangat menghargai peninggalan leluhur dan nenek moyang, untuk tetap dilestarikan. Meskipun kendaraan bermotor sudah banyak dan mudah ditemui, namun perahu klotok tetap dijadikan andalan bagi keluarga ini.

Menurut dari salah satu warga Desa Sabangau saat dijumpai mengungkapkan, "Kami ini satu keluarga, kami dari Banjarmasin ingin pulang ke Sabangau. Kami habis berkunjung ke tempat saudara disana," ucap pemilik perahu kelotok, Arif.

Dia mengatakan, menggunakan perahu kelotok sudah dilakukan secara turun menurun. Karena sudah terbiasa menggunakan perjalanan sungai. Sehingga mereka jarang untuk menggunakan jalan darat. 

Akibat hujan deras, terpaksa mereka istirahat di salah satu rumah yang di pinggiran sungai untuk sekedar makan dan minum di pinggiran sungai, saat dijumpai.

Tak berselang lama mereka melanjutkan perjalanan menuju kampung halamannya. Nampak terlihat harmonis keluarga mereka yang memilih hidup sederhana. (MAGANG 3/B-5)


 

Berita Terbaru