Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Saka Lagun Tanam Perdana Bibit Pisang Unggul Dukung Food Estate

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Desember 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petani di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas melakukan tanam perdana bibit pisang unggul di atas lahan yang masuk kawasan program ketahanan pangan nasional atau food estate.

Tanam perdana bibit pisang ini dilaksanakan Kelompok Tani Bina Barata, di Handil Lunuk Desa Saka Lagun.

Kegiatan tanam perdana dihadiri Anggota DPRD Kapuas Dapil 4, Rahmad Jainudin, perwakilan Dinas Pertanian Kapuas, unsur Tripika dan BPP Kecamatan Pulau Petak.

Pj Kepala Desa Saka Lagun, Muhammad Imron Rosikhin menyampaikan bibit pisang unggul yang ditanam merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Hortikultura yang disalurkan Dinas Pertanian setempat

"Hari ini sudah dilaksanakan penanaman secara simbolis, dari lahan seluas 20 hektar, sebelumnya telah dilakukan penanaman di lahan seluas 10 hektare dan akan dilanjutkan kembali," kata Imron, Rabu sore, 22 Desember 2021.

Pj Kades yang baru dilantik ini menjelaskan jenis bibit pisang unggul yang ditanam didatangkan dari Sumatera varietas Manurun Tanjung, selain itu ada varietas lainnya yaitu Manurun atau Kepok Pontianak.

"Untuk penanamannya dengan sistem tukungan dan baluran atau sistem kultur jaringan," ucapnya yang keseharian sebagai PPL Bidang Pertanian.

Adapin bantuan bibit pohon pisang tersebut juga untuk meningkatkan ketahanan pangan sebagai dukungan untuk program food estate. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru