Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mediasi Kompensasi Perusahaan ini Dengan Warga Kembali Difasilitasi Pemkab, ini Pesan Penting Bupati Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 28 Desember 2021 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara kembali memfasilitasi mediasi dalam rangka kompensasi antara PT Victor Dua Tiga Mega  dengan masyarakat pemilik lahan di Kecamatan Lahei Barat, Selasa, 28 Desember 2021.

Turut hadir Bupati Barito Utara (Barut), Nadalsyah didampingi wakilnya, Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, Kapolres AKBP Dodo Hendro Kusuma, Dandim 1103 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan, perwakilan Kajari, Manajemen PT Victor Dua Tiga Mega, Camat Lahei Barat, Danramil Lahei, Kapolsek Lahei, Damang Lahei Barat, BPD Luwe Hulu, dan masyarakat.

Dalam mediasi tersebut, manajemen PT Victor Dua Tiga Mega yang disampaikan Kepala Teknik Tambang, Edi Yuswanto mengatakan, permasalahan itu terkait kompensasi harga lahan di areal IUP dan IPPKH perusahaannya. 

“Sudah tiga kali dilaksanakan pertemuan masih belum menemukan kesepakatan antara perusahaan dan warga,” kata Edi.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pemilik lahan namun terjadi miskomunikasi. Selain itu, ada beberapa lahan warga yang sudah diselesaikan. 

“Berbagai upaya sudah kami lakukan dan masih belum menemukan titik temu. Kami berharap kepada pemerintah untuk membantu menyelesaikan masalah ini,” ucap Edi.

Menurutnya, manajemen sudah memberikan harga kepada pemilik lahan. Dan juga sudah musyawarah dengan pemerintah desa maupun kecamatan.

Sementara salah satu pemilik lahan, Rahman mengatakan untuk tiga lokasi lahan sudah dibayar PT Victor Dua Tiga Mega.

"Namun masih ada lahan yang bermasalah di lima lokasi dan belum dibayarkan, hal itu terkait adanya permasalahan pencemaran limbah," ungkapnya.

Warga pemilik lahan lainnya, Sripaunyil juga menjelaskan ada lahan namun tidak menjual lahan itu ke perusahaan.

“Karena sejak kecil kami menggantungkan diri dari lahan itu yaitu bertanam karet,” kata dia.

Pesan Penting Bupati Barito Utara

Sementara itu, Bupati Barito Utara, Nadalsyah berharap kedua belah pihak. Yakni untuk masyarakat jangan terlalu tinggi membuat harga. Sementara PT VDTM jangan terlalu menekan masyarakat.

 “Hari ini adalah mediasi terakhir, karena semuanya ada aturan-aturan yang berlaku seperti yang disampaikan,” kata Nadalsyah.

Dia juga meminta kepada masyarakat agar tidak bersikeras. Agar negosiasi berjalan dengan lancar. 

Berita Terbaru