Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Selatan Rakor Pemutakhiran dan Penyusunan Data Pemilih Berkelanjutan

  • Oleh Uriutu
  • 29 Desember 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – KPU Barito Selatan melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) pemutakhiran dan penyusunan data pemilih berkelanjutan. Rakor tersebut diikuti Bawaslu, Parpol tingkat Kabupaten Barito Selatan dan stakeholder terkait.

Ketua KPU Barsel, Bahruddin mengatakan, Rakor ini rutin digelar setiap 3 bulan sekali. Rapat kali ini triwulan IV tahun 2021.

Ia  membeberkan, pada pemilihan terakhir Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020, daftar pemilih tetap di Barito Selatan berjumlah 95.124 Pemilih.

Namun, lanjut dia, sejak dilaksanakannya Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang dimulai  pada bulan April 2021 sampai dengan bulan Desember tahun 2021, data pemilih kita di Barito Selatan sebanyak 96.242 pemilih terdiri atas 48.852 pemilih laki-laki dan 47.390 pemilih perempuan.

Dia menuturkan, penambahan pemilih merupakan pemilih yang telah berusia 17 tahun di bulan berjalan, pemilih pemula kategori pensiunan TNI dan Polri serta pemilih pindahan dari kabupaten lain dan/atau provinsi lain yang pindah domisili ke Barsel.

Adapun jumlah keseluruhannya sebanyak 1.886 pemilih. Sementara, terdapat pula pemilih yang dikeluarkan atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk terdaftar sebagai pemilih.

Seperti pemilih yang meninggal dunia, pemilih ganda, telah menjadi TNI atau Polri dan telah pindah domisili keluar dari Kabupaten Barito Selatan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 768 pemilih.

“Sehingga jumlah pemilih yang bertambah di Kabupaten Barito Selatan sampai Desember 2021 adalah sebanyak 1.118 pemilih,” kata Bahruddin, Rabu, 29 Desember 2021.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan.
Khususnya kepada Disdukcapil Barsel, Kodim 1012 Buntok, Polres Barito Selatan atas dukungan data yang secara berkala.

“Pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan ini, akan terus kita dilaksanakan pada tahun 2022 sampai dengan pelaksanaan pemilu/pemilihan serentak tahun 2024 yang akan datang,” ucap dia.

Berita Terbaru