Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Apresiasi Pembangunan Zona Integritas di SKPD

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Januari 2022 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, mengapresiasi langkah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kobar yang telah berkomitmen mewujudkan zona integritas.

Nurhidayah menyampaikan, hal tersebut merupakan upaya bersama untuk mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan dari reformasi birokrasi, yakni meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas organisasi.

"Melalui zona integritas, ini merupakan upaya bersama mewujudkan instansi yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, khsusunya di Kobar," kata Nurhidayah, Minggu, 9 Januari 2022.

Nurhidayah menganggap, deklarasi dan pencanangan pembangunan zona integritas itu sangat penting, untuk dilaksanakan dengan tujuan akhir memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kobar.

Diketahui bahwa belum lama ini, Bupati telah menghadiri pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Barat, serta beberapa dinas lainnya.

Kemudian, dalam rangka mewujudkan zona integritas di Kobar, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memenuhi indikator utama program pencegahan korupsi seiring dengan program percepatan reformasi birokrasi. Seperti dengan telah dilakukannya penandantanganan dokumen pakta integritas, penyampaian laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) tepat waktu dan berkualitas dengan jumlah wajib lapor sejumlah 100 persen selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

Tidak hanya itu, Pemkab Kobar juga terus mendorong meningkatnya akuntabilitas kinerja, laporan keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian selama 7 (tujuh) kali berturut-turut, implementasi whistle blower system, pelaksanaan program pengendalian gratifikasi, serta kebijakan penanganan konflik kepentingan.

Bupati Nurhidayah berkomitmen, akan terus melakukan pembangunan dengan segenap potensi yang dimiliki.

"Kata kunci yang penting untuk dijalankan adalah adaptasi dengan perubahan, terus berinovasi dan berkolaborasi dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru