Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Reaksi Cepat BPBD Damkar Barito Timur Singkirkan Pohon Tumbang di Desa Jaar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Januari 2022 - 07:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur membantu warga menyingkirkan pohon tumbang di Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, Selasa 18 Januari 2022 dini hari.

Sekretaris BPBD Damkar, Yohanes Jonson mengungkapkan, petugas piket TRC mendapatkan laporan dan permintaan bantuan dari warga RT 05 sekitar pukul 00.40 WIB.

"Personel kami kemudian langsung meluncur ke lokasi untuk memangkas dan menyingkirkan pohon tumbang tersebut," tuturnya.

Menurutnya pohon tumbang terjadi setelah hujan lebat yang disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Barito Timur termasuk Desa Jaar.

"Masyarakat sini menyebut jenis pohon yang tumbang itu Pohon Tawu, diameter batangnya sekitar 40 sampai 45 sentimeter dan melintang di badan jalan provinsi. Akibatnya lalu lintas sempat terhenti beberapa saat selama evakuasi dilakukan," jelasnya.

Dengan gergaji mesin dan parang, 45 menit kemudian 4 personel TRC yang dibantu warga setempat berhasil menyingkirkan pohon tersebut dari badan jalan.

"Tidak ada korban dalam kejadian, pohon tumbang juga tidak menimpa kabel listrik, tapi hanya mengenai kabel jaringan kabel telkom," terangnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru