Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Fakta-fakta Lumbung Pangan Masyarakat yang Telah Dibangun di Gunung Mas

  • Oleh Magang 2
  • 18 Januari 2022 - 09:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Jumat 14 Januari 2022, Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong telah meresmikan secara simbolik 5 lumbung pangan masyarakat (LPM).

"Dengan adanya Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat di daerah rentan rawan pangan, cadangan pangan masyarakat selalu tersedia dan saya berharap LPM dapat berkembang menjadi usaha ekonomi produktif yang berkelanjutan dengan pengelolaan dan penguatan kelembagaan yang baik," tukas Jaya saat itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas, Hansli Gonak menyebut ada 5 wilayah yang menjadi lokasi pembangunan LPM. Daerah yang dimaksud yakni Desa Karason Raya Kecamatan Tewah, Desa Tumbang Korik Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Desa Karetau Sarian Kecamatan Damang Batu, Desa Tumbang Kuayan Kecamatan Rungan Barat dan Desa Tumbang Samui Kecamatan Manuhing  Raya.

Hansli menjelaskan lokasi pembangunan LPM ini berada di daerah rentan rawan pangan sesuai data prioritas nasional dari Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) atau peta ketahanan dan kerentanan pangan Kabupaten Gunung Mas.

Dia juga melaporkan beberapa hal terkait LPM yang sudah diresmikan ini dan salah satunya terkait kapasitas bangunan yang bisa menyimpan 30-60 ton.

Dia menjelaskan bahwa tidak hanya bangunan utama, ada pula bangunan pelengkap yang terdiri dari 1 unit rumah pengglingan, 1 unit mesin  penggiling padi atau jagung dengan kapasitas 750Kg/jam, 1 buah timbangan 110 Kg dan 1 timbangan 10 Kg.

Hansli juga menjelaskan ada tiga tahap kegiatan LPM, pertama pembangunan fisik bangunan yang telah berlangsung di 2021 dan 2022 sedang masuk ke tahap kedua yakni pengisian dan terakhir tahap kemandirian.

"Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan akan melakukan terus pembinaan dan pendampingan untuk kegiatan pengembangan lumbung pangan masyarakat agar keberadaan lumbung pangan masyarakat ini tidak sia-sia perlu dukungan dari berbagai pihak dan masyarakat," ujar Hansli, Selasa 18 Januari 2022.

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menyebut akan ada bantuan pengisian cadangan pangan melalui Dana Alokasi Khusus Kementrian Pertanian Bidang Ketahanan Pangan.

"Saya berpesan bantuan yang telah dan akan disalurkan agar dikelola dengan managemen yang baik, perlu adanya koordinasi dan sinergi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Camat, Kepala Desa, Lurah, masyarakat dan lintas sektor dalam pelaksanaannya," ujarnya. (MAGANG 2/B-11)

Berita Terbaru