Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Halikinnor Berharap Perusda Jadi Solusi Permasalahan Pasar Mangkikit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 18 Januari 2022 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor berharap permasalahan pasar, seperti sengkarut Pasar Mangkikit, bisa diatasi dengan dibentuknya Perusahaan Daerah (Perusda). Pasalnya, dia menilai dinas terkait tidak fokus menangani masalah pasar ini. 

"Dan kami membentuk perusahaan daerah untuk mengelola seluruh pasar. Karena saat ini dinas perindustrian dan perdagangan kurang fokus, karena banyak tugas pokok dan fungsi lain," kata Halikinnor, Selasa, 18 Januari 2022. 

Diungkapkan Halikinnor, saat ini pihaknya mengusahakan pembentukan Perusda. Perusda ini nanti akan mengelola pasar termasuk Pasar Mangkikit, jika memang telah diambil alih oleh Pemkab Kotim.

"Saya mau Perusda itu bisa pinjam dana di bank untuk pembangunan pasar itu sampai selesai dan fungsional. Kami tidak mau mengambil alih kalau belum jelas, karena itu berkaitan dengan hukum. Jadi harus diaudit dulu," tegas Halikinnor.

Pihaknya berharap dengan adanya Perusda itu, pasar yang ada di Kotim dapat dikelola dengan baik. Sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi di wilayah itu. 

Pernyataan Halikinnor ini disampaikannya saat ditanya wartawan terkait kejelasan status pembangunan Pasar Mangkikit. Sebelumnya sejumlah pedagang telah mengira bahwa pembangunan telah diambil alih oleh pemerintah daerah. Sejumlah pedagang yang terlanjur setor uang ke pihak ketiga ingin uangnya kembali.

Diberitakan sebelumnya, Halikinnor menegaskan bahwa pembangunan Pasar Mangkikit di Jalan Pangeran Antasari Sampit, masih tanggung jawab pihak ketiga. Pemerintah masih belum mengambil alih pasar yang banyak menuai polemik itu. (USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru