Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Susuri Sungai Mentaya Cari Bangkai Buaya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 Januari 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, hari ini akan menyusuri Sungai Mentaya, mencari bangkai buaya yang sebelumnya hanyut di sekitar perairan Samuda, Mentaya Hilir Selatan belum kama ini. 

"Kami akan susuri ke sana," ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Rabu, 19 Januari 2022. 

Muriansyah berharap segera mendapatkan bangkai tersebut dan bisa menguburkannya, sehingga tidak meresahkan masyarakat. 

"Kalau pun tidak bisa diangkat, agar bisa diikat di pesisir yang terdapat hutan. Sehingga tak hanyut ke mana-mana," katanya.

Sebab kalau sudah busuk dan kemudian diangkat dikhawatirkan bagian tubuh buaya berjatuhan karena lunak akibat pembusukan.

Menangani bangkai buaya ini ada dua tindakan yang bisa dipilih, pertama dikuburkan dan kedua di tempatkan di pinggir sungai atau pantai yang jauh dari permukiman dan lalu lintas warga. 

"Namun, jika melihat kondisi sekarang mungkin lebih baik ditempatkan di di pinggiran sungai. Sebab, jika bangkai sudah membusuk akan sangat sulit untuk diangkat dan kemudian dikuburkan," katanya. 

Muriansyah khawatir, bila tidak segera ditemukan jasad buaya membusuk dan sampai ke wilayah perairan di sekitar Kota Sampit. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru