Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Dorong Pemda di Kalteng Tingkatkan GDPK Jadi 5 Pilar

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Januari 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng mendorong setiap pemda di provinsi ini agar dapat meningkatkan atau menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) menjadi 5 pilar.

Asisten Administrasi Umum Setda Kalteng, Lies Fahimah mengatakan GDPK 5 pilar yang dimaksud itu yakni bidang pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengaturan mobilitas penduduk, serta penataan administrasi kependudukan.

"Karena ini sudah diatur dalam PP Nomor 153 Tahun 2014, agar setiap tingkatan wilayah dapat menyusun suatu rancangan induk atau GDPK untuk merekayasa dinamika kependudukan di daerahnya," ucap Lies Famhimah, Rabu, 19 Januari 2022.

Dirinya berharap dengan tersusunnya GDPK tersebut, pemda di Kalteng dapat merumuskan perencanaan pembangunan kependudukan untuk jangka waktu 25 tahun ke depan, yang dijabarkan setiap 5 tahun berisi isu penting kependudukan saat ini, kondisi kependudukan yang diinginkan, program kependudukan, serta roadmap pembangunan kependudukan.

"Sesuai amanat PP Presiden RI nomor 153 tahun 2014 tersebut. Sebab, tujuan utama GDPK ini yaitu tercapainya kualitas penduduk yang tinggi, sehingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa," jelasnya.

Sebelumnya Kepala BKKBN Kalteng, Muhammad Irzal mengungkapkan sampai saat ini, belum seluruh provinsi, kabupaten dan kota memiliki GDPK 5 pilar seperti yang telah ditargetkan.

Untuk Provinsi Kalteng, hingga kini baru tersusun 13 GDPK tingkat kabupaten dan kota serta 1 GDPK tingkat provinsi dengan keseluruhan 14 GDPK yang kebanyakan merupakan GDPK 1 pilar yakni pengendalian kuantitas penduduk.

"Daerah di Kalteng yang telah menyelesaikan GDPK 5 pilar itu hanya Kabupaten Barito Utara dan Gunung Mas saja. Kemudian untuk daerah yang menyusun GDPK 2 pilar yakni terdapat di 3 kabupaten diantaranya Sukamara, Kotawaringin Barat, dan Katingan," sebut Irzal.

Sementara itu yang tengah menyusun GDPK 5 pilar yakni kabupaten Kotawaringin Timur dan Provinsi Kalteng, sedangkan kabupaten yang sedang dalam tahap finalisasi GDPK 5 pilar yaitu Murung Raya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru