Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TNI Maksimalkan Peran Sebagai Motivator Bagi Kelompok Tani

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Januari 2022 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selain menjaga kedaulatan NKRI peran TNI sangat dibutuhkan dalam berbagai hal, seperti berperan sebagai motivator bagi kelompok tani.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1016-01 Pahandut, Pelda Nurkholis yang melaksanakan upaya khusus (Upsus) dalam membantu meningkatkan hasil produksi pertanian bersama kelompok tani (poktan) di wilayah binaan.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan memberikan motivasi serta penyuluhan secara door to door bersama pihak kelurahan ke beberapa poktan yang menjadi wilayah tanggung jawabnya, salah satunya Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya.

"Sebagai Babinsa harus bisa menjadi motivator bagi kelompok tani dalam mengembangkan unit usaha pertaniannya," ucap dia, Rabu, 26 Januari 2022.

Disebutkan, pemberdayaan usaha tani, setiap anggota poktan secara keseluruhan merupakan satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi usaha, dengan menjaga kuantitas, kualitas dan kontinuitas.

"Dengan ikut memajukan setiap kelompok tani di Kelurahan Petuk Katimpun ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pertanian setempat, untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya di Kota Palangka Raya," tuturnya.

Sekretaris Lurah Petuk Katimpun, Angelia Eva Solina Angga mengatakan pemberdayaan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pemberdayaan kelompok tani dengan langkah yang tepat untuk menciptakan iklim dan suasana pemberdayaan yang kondusif.

"Kelurahan Petuk Katimpun telah menjalankan program strategi yang cukup baik untuk memberdayakan kelompok tani, sehingga telah dirasakan manfaatnya oleh petani, salah satunya mengandeng peran Babinsa sebagai motivator bagi mereka," ujarnya.

Lanjutnya, dengan adanya pendampingan dari pihak TNI diharapkan para petani bisa lebih giat lagi dalam menekuni usaha pertanian. Sehingga, wilayah Kelurahan Petuk Katimpun bisa menjadi sentra pertanian seperti kelurahan lainnya yang ada di Palangka Raya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru