Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Sekolah

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Januari 2022 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh mendorong tenaga pendidik atau guru agar dapat menerapkan metode pembelajaran kreatif dan inovatif di sekolah dengan mengedepankan konsep kekinian.

Ia mengatakan melalui metode pembelajaran seperti itu dapat menjadi daya tarik dan menggairahkan bagi para pelajar untuk lebih semangat dalam menyerap setiap ilmu pengetahuan yang diberikan di lembaga satuan pendidikan.

"Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah harus bisa lebih kreatif dan inovatif, karena sekarang ini peserta didik telah banyak belajar dari teknologi. Baik nonton dari youtube dan lainnya. Jadi pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan konsep yang lebih kekinian," kata dia, Kamis, 27 Januari 2022.

Ia menjelaskan penerapan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dua tahun terakhir ini memang menjadi salah satu upaya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Akan tetapi hal itu masih jauh dari harapan, sebab belum bisa diterapkan secara maksimal. Sehingga, penyerapan materi oleh peserta didik pun menjadi tidak sesuai harapan.

Politisi Nasdem ini menilai perlu upaya lebih dari berbagai pihak agar penerapan teknologi dalam pendidikan khususnya proses pembelajaran dapat maksimal.

Diharapkan meski sudah dimulai pembelajaran secara konvensional atau tatap muka. Tapi, kombinasi proses pendidikan dan teknologi dapat terus dikembangkan.

"Proses pembelajaran memang perlu sedikit dikombinasikan dengan perkembangan zaman. Dengan begitu, setiap metode pembelajaran akan lebih maksimal. Apalagi saat ini era revolusi industry 4.0, artinya sektor pendidikan harus dapat menerapkan teknologi dalam prosesnya. Tentu, dukungan fasilitas dari pemerintah menjadi hal yang sangat krusial, agar ini bisa berjalan sesuai harapan," tandasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru