Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Siap Mandiri Benih Padi Unggul

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran berkomitmen untuk mencukupi kebutuhan benih di wilayahnya.

"Kami ingin mewujudkan Kalteng mandiri benih padi, jadi untuk memenuhi kebutuhan benih tak lagi harus membeli ke luar daerah," kata Gubernur Kalteng, Sugianto sabran baru baru ini.

Ia menyampaikan untuk mewujudkannya pemprov melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng beserta jajaran, melakukan kegiatan penyediaan benih padi unggul inbrida bersertifikat.

Ketersediaan benih bersertifikat Kalteng pada musim tanam periode Maret dan April 2022 diperkirakan ketersediaan benih sekitar 1.100 ton.

Sementaa itu, Kepala Dinas TPHP Kalteng Riza Rahmadi menyampaikan benih tersebut diperoleh dari kegiatan penangkaran benih musim tanam 2021/2022 dan sebagian besar dilakukan di kawasan food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

"Penangkaran benih di Pulang Pisau sekitar 113 hektare dan Kapuas sekitar 308 hektare lebih," terangnya.

Di samping kawasan food estate penangkaran benih juga dilakukan di Katingan seluas 30 hektare dan Lamandau sekitar dua hektare.
 

Diperkirakan produksi benih yang dihasilkan rata-rata 2,5-3 ton per hektare, sehingga total benih tersedia mencapai angka 1.124,45 ton. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru