Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Esktrakurikuler Budidaya Maggot di SMAN 1 Kurun

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 Februari 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kurun, Kabupaten Gunung Mas telah memulai membudidayakan maggot yang bisa dimanfaatkan menjadi alternatif pakan ikan atau hewan lain, seperti ayam dan burung.

"Budidaya maggot ini kami jadikan sebagai ekstrakurikuler yang baru berjalan sekitar satu bulan lebih. Dibuatnya ekstra budidaya maggot dilatar belakangi salah satunya karena situasi di masyarakat Gumas yang banyak mengeluhkan terkait mahalnya harga pakan," ujar Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah, Sabtu, 5 Februari 2022.

Selain menjadi media pembelajaran bagi siswa, maggot tersebut juga nantinya akan dijadikan pakan ikan patin yang dipelihara di lingkungan sekolah.

Batuah mengatakan, guru kimia yang mengajarkan siswa terkait cara membudidayakan maggot. Pasalnya, sang guru juga telah membudidayakan maggot selama bertahun-tahun untuk keperluan pribadi.

Untuk sementara, ada empat kotak yang menampung maggot dengan berat satu kotaknya sekitar 12 kilogram.

Karena budidaya maggot ini menjadi salah satu ekstrakurikuler, siswa di SMAN 1 Kurun juga terlibat dalam berbagai prosesnya. Saat ini, sudah lebih dari 100 murid yang menjadi anggota ekstrakurikuler tersebut.

"Untuk awalan, kita mau memelihara maggotnya terlebih dahulu untuk menjadi indukkan dan belum diberikan pada ikan-ikan peliharaan. Harapan kami ke depan, maggot yang kita budidayakan ini bisa digunakan sebagai pakan ikan yang kami pelihara, jika ada lebihnya bisa kami jual ke masyarakat," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru