Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaat Ekstrakurikuler Budi Daya Maggot untuk Siswa di Kabupaten Gumas

  • Oleh Riska Yulyana
  • 07 Februari 2022 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kurun Kabupaten Gunung Mas menjadikan budi daya maggot sebagai salah satu ekstrakurikuler untuk para siswa.

"Untuk saat ini ada lebih dari 100 siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler budi daya maggot di SMAN 1 Kurun," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Kurun, Batuah, Senin, 7 Februari 2022.

Dijelaskan, guru kimia di sekolah itu yang membagikan ilmunya terkait budi daya maggot. Pasalnya, sang guru juga telah membudidayakan maggot selama bertahun-tahun untuk keperluan pribadinya.

Karena para siswa terlibat langsung mulai dari perencanaan hingga budi daya maggot, ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh anggotanya, mulai dari proses kimianya, biologi hingga ekonomi.

Disebutkan, siswa bisa belajar terkait proses fermentasi sampah organik yang nantinya dijadikan media budi daya maggot tersebut.

Tidak hanya itu, siswanya juga bisa belajar terkait metamorfosis maggot menjadi indukan lalat tentara hitam. Lalat hitam itu nantinya akan kembali bertelur dan menetaskan maggot yang selanjutnya bisa dijadikan pakan ikan dan hewan lainnya.

"Tidak hanya budi daya maggot, itu juga bisa jadi sumber belajar siswa, kimia, biologi, ekonomi. Berapa modal yang masuk untuk budi daya, berapa jumlah maggot yang bisa dihasilkan hingga apakah budi daya maggot itu menguntungkan atau tidak, kalau tidak apa masalahnya," jelasnya.

"Mereka juga bisa belajar soal ilmu sosial, bagaimana berdiskusi dan berdemokrasi dalam kelompok ekstrakurikuler budi daya maggot ini," tuturnya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru