Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Aspek Penting untuk Peningkatan Produksi dan Mutu Bahan Olah Karet

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Februari 2022 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Asisten II Pemprov Kalimantan Barat, Junaidi mengatakan, peningkatan produksi, produktivitas dan mutu bahan olahan karet atau bokar dapat dicapai jika dua aspek utama dipenuhi, yaitu penguatan kelembagaan petani dalam hal budidaya, pengolahan maupun pemasaran serta perbaikan instrumen ekonomi terutama insentif berupa pasar yang lebih beraneka dan harga jual komoditi.

"Jika salah satu dari dua aspek tersebut tidak terpenuhi akan mengakibatkan karet terus sulit berkembang bahkan dikhawatirkan akan menurun," ujarnya saat membacakan sambutan Sekda Kalbar saat menyambut Tim Ekonomi Kerakyatan Pemkab Barito Timur yang dipimpin Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Pontianak, Rabu, 9 Februari 2022.

Menurutnya, upaya memperbaiki kelembagaan di tingkat petani terutama ditingkat pengolahan dan pemasaran dilakukan agar menjadi lebih kuat, lebih solid, lebih besar volume produksi serta lebih baik mutu produk karet yang dikelola sehingga meningkatkan daya tawar karet petani.

"Disatu sisi, kita menyadari, bahwa perbaikan
kelembagaan petani ini memerlukan pendampingan
dan penguatan sarana, prasarana dan permodalan," lanjutnya.

Untuk itu perlu diidentifikasi serta mencari alternatif-alternatif strategi yang realistis dan dapat dilaksanakan namun mempunyai daya ungkit
yang tinggi terutama dalam mencari strategi untuk
pendampingan yang efisien dan efektif secara
berkelanjutan serta penguatan sarana dan prasarana serta permodalan.

"Terkait penguatan sarana dan prasarana serta
permodalan salah satu alternatif yang perlu dikaji
adalah melalui penggunaan dana desa melalui
pengembangan BUMDes yang berbasis perdagangan karet, terutama untuk desa-desa yang masyarakatnya sebagian besar membudidayakan karet," kata Junaidi. (BOLE MALO/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru