Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manggala Agni Dirikan Posko Kerja di Pulang Pisau

  • Oleh Magang 3
  • 13 Februari 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, maka Manggala Agni di bawah Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan yang khusus membidangi kebakaran hutan lahan kembali mendirikan Posko Kerja di ruas Jalan Trans Kalimantan, Desa Jabire Raya.

Posko ini kembali didirikan sejak awal Januari. Posko ini guna mengantisipasi bila terjadinya kebakaran hutan khususnya di wilayah Kabupaten Pulang Pisau kawasan Tumbuh Nusa.

"Jadi ini merupakan Pondok Kerja Pulang Pisau. Dan tujuan dari pondok ini memang khusus menjaga posisi Tumbang Nusa di Taruna itu," ucap Hasanudin Kepala Komandan Regu, Manggala Agni, Minggu 13 Februari 2022.

"Tapi tidak hanya di Tumbang Nusa saja, tapi semua wilayah yang yang berpotensi kebakaran di Pulau Pisau tetap kita pantau. Tapi prioritas utama dari Posko ini khusus di wilayah Jabiren Raya," ucapnya.

Untuk Manggala Agni ada 3 regu disalah satunya ada di Kabupaten Kapuas. Dalam regu tersebut setiap bulannya diputar bergantian baik dalam bertugas. 

Dia mengatakan untuk wilayah yang perlu dijaga ketat yaitu Tumbang Nusa. Karena jika terjadi kebakaran lama untuk bisa dipadamkan. Apalgi bila memasuki di musim kemarau sangat berbahaya. 

Melihat kondisi tersebut, untuk mengatasipasi rawan kebakaran pihaknya tidak berpatokan dibulan-bulan tertentu. 

"Memang untuk memasuki musim kemarau ada di bulan apri. Namun mulai Januari 2022 Manggala Agni sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mandiri," ujarnya.

"Seperti patroli, sosialisasi, mengecek lokasi rawan kebakaran, dan memastikan sumber airnya dimana, jadi itu sudah mulai kita lakukan," ujarnya.

Dia menambahkan tinggal nanti jika terjadi kebakaran sudah siap dan punya titik sumber airnya sudah ada. (MAGANG 3/B-6)

Berita Terbaru