Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manggala Agni Imbau Warga Tak Bakar Hutan

  • Oleh Magang 3
  • 13 Februari 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Komandan Regu (Danru) Manggala Agni, Hasanudin mengimbau warga agar tidak melakukan pembakaran hutan. 

Hal ini sebagai pengingat, karena untuk wilayah Pulang Pisau hingga saat ini tidak terjadi kasus kebakaran hutan yang berkepanjangan dan itu perlu dijaga dan ditingkatkan.

"Kita pernah mengalami kebakaran terakhir di 2019. Untuk ke sininya alhamdulillah tidak ada," ucapnya, Minggu 13 Februari 2022.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan, pihaknya juga melakukan pencegahan dengan cara bersosialisasi kepada masyarakat, dan melakukan patroli secara rutin ke tempat wilayah yang rawan kebakaran.

"Jadi wilayah rawan terjadinya kebakaran di Tumbang Nusa sehingga wilayah ini yang paling instensif dijaga, karena jika sampai terjadi kebakaran ya sudah selesai," ucapnya.

Maka dari itu pihaknya juga melakukan kerjasama kepada beberapa instansi terkait seperti BPBD, TNI, dan Polri dan merangkul Masyarakat Peduli Api. 

"Jadi yang akan kita cek, mulai dari peralatan mereka dan sumber daya manusianya. Kita juga nanti akan bergabung dengan kecepatan setempat juga Kapolsek, Danramil, dan Kades," ujarnya.

Dia menjelaskan akibat penyebab terjadinya kebakaran rata-rata 99 persen itu ulah manusia. Ada yang sengaja, maupun tidak disengaja. Bila terjadi kebakaran di pinggir jalan itu akibat manusia yang membuang puntung rokok sembarangan. 

"Apalagi di wilayah Tumbang Nusa itu sangat sensitif sekali. Apalagi bila kondisinya panas, dan bahan bakarannya kering itu yang betul-betul kita jaga," jelasnya.

"Meski setitik kecil api itu bisa mempengaruhi terjadinya kebakaran. Maka dari itu kita menghimbau jangan membakar sampah ataupun lainnya. Jangan sampai kasus terbesar di 2015 terulang lagi karena itu semua melibatkan instansi. Itu di sini di Tambang Nusa ini, sehingga ditempat ini kita buatlah Pondok Kerja," tutupnya. (MAGANG 3/B-6)

Berita Terbaru