Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani di Kecamatan Bukit Batu Terapkan Smart Farming

  • Oleh Hendri
  • 15 Februari 2022 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelompok tani Harapan di Jalan Tjilik Riwut Km 38 Gang Garuda 1 Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya menerapkan sistem pertanian pintar atau Smart Farming.

"Saya sangat mengapresiasi kepada warga yang sudah berhasil menerapkan smart farming untuk lahan pertanian di wilayah ini. Selain tingkat keberhasilan produksi lebih tinggi sistem ini juga mampu menopang perekonomian untuk peningkatan kesejahteraan," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Selasa 15 Februari 2022.

Revolusi 4.0 pada bidang pertanian menerapkan metode Smart Farming Precision Agriculture yang secara garis besar metode ini terbagi menjadi 2, yaitu smart farming dan precision agriculture.

Smart farming yaitu penggunaan platform yang dikoneksikan dengan perangkat teknologi dalam mengumpulkan informasi status hara tanah, kelembaban udara, kondisi cuaca yang diperoleh dari perangkat pada lahan pertanian.

Sedangkan Precision Agriculture atau pertanian presisi lebih kepada penggunaan input berupa pestisida dan pupuk sesuai kebutuhan berdasarkan informasi olahan data pada tablet sehingga tidak ada kelebihan dalam dosis pengaplikasiannya karena dipenuhi berdasarkan kekurangannya.

"Kita sudah melihat bagaimana pengaplikasiannya di lapangan. Tugas pemerintah wajib mendukung pola dan sistem ini dengan dukungan infrastruktur memadai. Baik pada perbaikan jalan maupun penerangan jalan umum," ujarnya.

Setelah melihat itu Fairid berencana melakukan perbaikan jalan serta menambah penerangan jalan umum (PJU) di wilayah tersebut untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam beraktivitas. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru