Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingin Pendataan Warga Kobar Dilakukan Menyeluruh

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Februari 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengharapkan agar pendataan warga bisa dilakukan menyeluruh. Pasalnya, masih banyak warga yang tinggal di Kobar namun belum memiliki identitas sebagai warga Kobar.

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin mengatakan, pendataan penduduk ini menjadi sangat penting. Jangan sampai warga yang tinggal lama di Kobar tidak memiliki identitas sebagai warga Kobar.

"Maka, pendataan terhadap penduduk ini harus dilakukan. Supaya warga itu terdata dengan baik dan nantinya diakomodir dengan pembuatan identitas berupa KTP sebagai warga Kobar," kata Tuslam Amirudin, Selasa, 15 Februari 2022.

Menurutnya, masih banyak para pendatang yang sudah lama tinggal di Kobar kemudian tidak memiliki KTP Kobar. Padahal banyak kemudahan jika tinggalnya di Kobar memiliki KTP Kobar.

"Salah satunya soal jaminan kesehatan dan lainya. Maka pendataan penduduk ini perlu dilakukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga harus bekerjasama dengan para Kades dan Lurah untuk melakukan pendataan terhadap warganya," ujarnya.

Lanjutnya, politisi PAN ini, jika pendataan dilakukan menyeluruh dan jumlah warga sudah mencapai 300 ribu. Maka ini juga berpengaruh pada keterwakilan rakyat di legislatif.

"Jika lebih dari 300 ribu, maka jumlah anggota DPRD bisa bertambah lima orang. Tentu hal ini harus disikapi dengan baik. Supaya nantinya keeterwakilan warga kebih banyak di DPRD," tuturnya.

Selain itu juga, kesemoatan warga untuk duduk di DPRD juga semakin tinggi karena adanya penambahan lima kursi dati 30 menjadi 35. Namun syarat soal jumlah penduduk harus terpenuhi.

"Maka untuk melihat data secara nyata, pendataan penduduk dari desa hingga kota perlu dilalukan dan datanya diperbarui," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru