Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas! Buaya di Kotim dalam Masa Birahi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 19 Februari 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di sekitar bantaran Sungai Mentaya diminta meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di sekitar sungai. Pasalnya saat ini buaya sedang dalam masa reproduksi. Buaya akan jadi lebih ganas dan agresif. 

"Biasanya akhir kemarau dan awal penghujan masa reproduksi buaya ini. Kalau berdasarkan bulan antara Desember, Januari, Februari dan Maret," jelas Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Sabtu, 19 Februari 2022. 

Berdasarkan data BKSDA, pada bulan - bulan tersebut banyak terjadi serangan. Dari 43 dugaan sejak tahun 2010 hingga sekarang, pada bulan Desember ada 5 kali dugaan serangan. Januari ada 4 kali dugaan serangan. Februari 4 kali dugaan serangan, dan Maret 5 kali dugaan serangan. 

"Memang di bulan lain ada, tapi di bulan-bulan yang disebut tadi lebih banyak terjadi dugaan serangan," jelas Muriansyah

Kasus serangan buaya di  Kotawaringin Timur terutama di wilayah Selatan setiap tahun selalu menjadi momok bagi masyarakat sekitar Sungai Mentaya. Setiap tahunnya selalu ada serangan mengakibatkan korban luka maupun korban jiwa. 

Di sisi lain masih banyak masyarakat Kotim yang mengandalkan sungai dalam aktivitas sehari-hari untuk mandi cuci kakusnya. Hal ini juga menjadi salah satu permasalahan yang belum bisa dituntaskan. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru