Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Momen HPSN Harapkan Masyarakat Lebih Produktif Mengelola Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Februari 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sukamara berharap agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam membangun pengelolaan sampah yang lebih baik.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, mengingat banyak dampak yang ditimbukan salah satunya adalah mengganggu secara estetika.

"Selain itu juga tidak kalah pentingnya adalah kontribusi terhadap timbulnya emisi gas rumah kaca yang berpengaruh terhadap perubahan iklim," kata Windu Subagio, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurut dia, untuk menangani permasalanan dalam pengelolaan sampah membutuhkan seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi aktif di dalamnya. 

"Sehingga saya mengajak untuk menjadi fokus kita bersama, jadikan HPSN 2022 ini sebagai pijakan untuk bergerak, bekerja dan menjadi masyarakatnya produktif bersama, dengan kolaborasi membangun pengelolaan sampah yang lebih baik," ajaknya.

Selain itu, dalam upaya mengatasi persampahan, pemerintah daerah telah menetapkan strategi dan melaksanakan dalam bentuk kapasitas kebijakan dan kelembagaan di tingkat lokal, pengelolaan sampah di perkotaan, mengurangi sampah di TPS yang mendorong melalui pendekatan 3R, dan pemanfaatan sampah organik sebagai bahan baku kompos.

"Selain itu, kita juga melibatkan organisasi-organisasi kemasyarakatan dalam mengatasi masalah persampahan," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru