Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Ajak Semua Pihak Terlibat Dalam Era Baru Pengelolaan Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Februari 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengajak semua pihak untuk ikut terlibat dalam membangun era baru pengelolaan sampah di Bumi Gawi Barinjam.

"Selaku penanggungjawab pengelolaan sampah daerah, saya mengajak aparat pemerintah, dunia usaha, KSM dan komunitas, organisasi kemasyarakatan, pelajar, organisasi keagamaan dan organisasi lainnya, semua pihak dan masyarakat luas untuk bergerak dan bekerja membangun era baru pengelolaan sampah," ucap Windu Subagio pada HPSN 2022, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurut Windu, ajakan tersebut sesuai dengan tema HPSN, yang mengisyaratkan bahwa paradigma dalam pengelolaan sampah harus mulai bergeser pada aktualisasi produktivitas masyarakat, melalui upaya-upaya penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam mensejahterakan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

"Meskipun tantangan pengelolaan sampah yang kita hadapi tidak ringan, yang saya tetap optimis tidak akan dapat menghadapi dan melewati dengan baik. Optimisme tetap tumbuh karena sudah banyak yang telah kita lakukan dengan hasil yang positif," ujar Windu.

Agar permasalahan sampah di Kabupaten Sukamara dapat dikelola dengan baik, maka perlu upaya-upaya yang harus dilakukan seperti memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan sampah.

Memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

"Selain itu juga memperkuat komitmen serta peran aktif seluruh elemen masyarakat dengan menjadikan sampah sebagai kontributor upaya pengurangan emisi gas rumah kaca, dan pengurangan dampak perubahan iklim," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru