Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan UKM di Palangka Raya Tunggu Petunjuk Pusat

  • Oleh Hendri
  • 25 Februari 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang mengatakan sampai saat ini pihaknya belum memperoleh informasi terkait penyaluran program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu program koperasi, UKM atau IKM.

"Sampai saat ini belum ada kejelasan program PEN berupa relaksasi pinjaman atau pembiayaan dan penguatan permodalan usaha yang digulirkan pemerintah. Kita masih menunggu bagaimana realisasinya," katanya, Jumat 25 Februari 2022.

Menurut Rawang, sasaran atau penyaluran program percepatan pemulihan ekonomi bukan berarti hanya difokuskan untuk membantu bidang koperasi, UMKM atau IKM saja. Namun banyak bidang atau sektor lainnya yang menjadi sasaran program.

"Sasaran program pemulihan ekonomi ini luas. Selain koperasi, UMKM atau IKM, maka  bidang seperti pertanian, perikanan, hingga kepariwisataan dan bidang lain-lainnya tersentuh menjadi sasaran program ini," jelasnya.

Termasuk juga di bidang kesehatan, bantuan sosial (bansos), dan permasalahan sosial-ekonomi lainnya, menjadi sasaran program percepatan pemulihan ekonomi nasional, sebagai dampak pandemi Covid-19.

Apabila pada saatnya program pemulihan ekonomi telah digulirkan, maka secara tersistematis pemerintah tentu memastikan penyaluran program secara tepat sasaran.

Misalnya program relaksasi pinjaman atau pembiayaan dan penguatan permodalan usaha bagi UMKM, maka harus melalui mekanisme dalam pengaturannya sehingga tepat sasaran.

"Jauh sebelumnya kami sudah mengusulkan sebanyak 22 ribu usaha kecil, bisa tersentuh program pemulihan ekonomi ini. Tapi sampai saat ini belum diketahui apakah program ini dilanjutkan atau tidak," pungkasnya. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru