Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Instruksikan Sekda dan Camat agar Inventarisasi Tanah Kosong

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor menginstruksikan Sekda Kotim dan Camat agar segera melakukan inventarisasi tanah kosong. 

Hal itu dilakukan agar diketahui siapa pemilik dari tanah tersebut, dan kelengkapan dokumennya. Jika tidak ada sertifikatnya maka bisa dikembalikan ke negara. 

"Di Sampit ini banyak lahan kosong yang tidak tergarap dan itu akan di inventarisir agar dapat digunakan nantinya," ujar Halikinnor, Sabtu 26 Februari 2022. 

Hal ini dilakukan oleh Halikinnor, karena banyak lahan kosong yang tidak dirawat, sehingga ditumbuhi semak belukar dan membuat pemandangan dalam kota tidak nyaman dipandang dan nampak kumuh. 

Keadaan ini menjadi perhatian bupati dan dia berharap agar pemilik tanah dapat mengelolanya dengan baik, kalau tidak bisa dilakukan sendiri bisa dipinjam pakaikan dengan petani.

"Lahan kosong itu biasanya pemiliknya berasal dari luar daerah. Itu sah-sah saja, namun saya harap dikelola dengan baik," katanya. 

Dia juga akan berupaya untuk meminjam tanah dalam kota yang tidak dikelola dengan baik agar dipinjam pakaikan terhadap petani.

Sedangkan yang tidak memiliki surat atau dokumen tanah akan kami koordinasikan dengan pihak Badan Pertanahan Nasional agar bisa dikembalikan menjadi milik negara dan akan dimanfaatkan untuk pertanian nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru