Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Terus Berbenah Wujudkan Kemandirian Fiskal

  • Oleh Hendri
  • 28 Februari 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya terus berbenah untuk mewujudkan kemandirian fiskal. Adapun upaya yang dilakukan yakni memperbaiki sistem tata kelola keuangan daerah maupun optimalisasi pendapatan asli daerah atau PAD.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, kemandirian fiskal masih menjadi pekerjaan rumah. Pasalnya, tata kelola keuangan masih menjadi catatan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Tengah.

"Upaya-upaya perbaikan secara komprehensif dan berkelanjutan telah dilakukan terhadap sistem manajemen dan tata kelola keuangan sesuai dengan kesepakatan yang telah tertuang dalam rencana aksi hasil LHP BPK," kata Fairid, Senin 28 Februari 2022.

Kemandirian keuangan daerah diukur dari perbandingan besarnya penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semakin besar PAD tentunya akan semakin tinggi tingkat kemandiriannya. Namun jika semakin rendah kontribusi PAD, maka semakin tinggi ketergantungan dengan dana transfer dari pemerintah pusat.

Mengatasi hal ini Fairid meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) konsisten menjalankan program yang dapat meningkatkan PAD dengan melakukan inovasi atau terobosan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Memang penerimaan daerah minim akibat pandemi karena ditambah pemangkasan dana transfer dan pemberian relaksasi. Tapi itu bukan masalah jika kita mampu melakukan inovasi sesuai aturan. Intinya jangan takut berinovasi selama itu sesuai regulasi," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru