Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan dan Kereng Pangi Keluhkan Harga Bawang Melonjak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Februari 2022 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Kasongan dan Kereng Pangi terutama ibu rumah tangga mengeluhkan harga bawang merah dan putih yang melonjak sejak sepekan terakhir.

Pasalnya, sebelum ada kenaikan harga, bawang merah dijual pedagang berkisar Rp 25 ribu per kilo gram. Pun demikian dengan bawang putih, namun harga jual bawang merah melonjak menjadi Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu per kilo gram. 

"Sampai hari ini harga bawang merah masih mahal, kemarin saya beli di Pasar Kasongan sekilo dijual Rp 35 ribu, tapi ada warung atau toko menjuanya  lebih mahal," tutur Ina, ibu rumah tangga warga Kasongan,  Senin 28 Februari 2022.

Hal senada dituturkan sejumlah warga di Kereng Pangi. "Sekarang beberapa bahan pokok sudah naik, selain minyak gorengnyang juga naik, barangnya juga sulit dicari. Sedangkan bawang juga ikutan naik sudah dijual Rp 37 ribu," kata Dewi warga Kereng Pangi. 

Sementara menurut sejumlah pemilik toko atau warung sembako di Pasar Kereng Pangi, kenaikan harga bawang merah maupun putih karena harga di pihak distributor sudah mengalami kenaikan, sehingga harus menyesuikan harga.

"Alasan naiknya harga bawang salah satunya karena ongkos kirim yang naik, sebab harga BBM untuk truk dan sejenisnya mengalami kenaikan," kata Heri, pemilik toko sembako. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru