Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Limbah Sawit, PT Kalimantan Sawit Abadi Bakal Bangun Power Plant Pemanfaatan Gas Metana

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Maret 2022 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komoditas kelapa sawit memang sudah terkenal seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan sebagai produk yang bernilai ekonomis. Selain dijadikan minyak goreng, bahan baku kosmetik dan produk turunan lainnya, limbahnya juga bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan oleh PT. Kalimantan Sawit Abadi yang merupakan bagian dari Citra Borneo Indah (CBI) Group. Saat ini pabrik kelapa sawit (PKS) tersebut sedang berencana memasang sistem Reaktor ZPHB® untuk menangkap gas metana yang dihasilkan oleh limbah kelapa sawit (POME) dari pabrik kelapa sawit

Terkait hal itu rencananya Senin, 7 Maret 2022 bakal digelar rapat pemangku kepentingan dan masyarakat terkait pembangunan sistem pemanfaatan gas metana tersebut secara online, guna memenuhi aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Chief Engineering PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk, Saroha Marpaung pada Rabu, 2 Maret 2022 menjelaskan tujuan digelarnya rapat pemangku kepentingan tersebut.

"Tujuannya yaitu mencapai target pembangunan berkelanjutan dengan mempromosikan investasi berbasis ramah lingkungan. Karena pemanfaatan teknologi ini berkontribusi positif terhadap lingkungan setempat guna meminimalisir limbah serta polusi perkotaan," jelas Saroha Marpaung.

Selain itu, menurut Saroha Marpaung, rapat ini digelar agar pemangku kepentingan dan masyarakat mengetahui bahwa teknologi tersebut berkontribusi positif terhadap ekonomi secara paralel, menghasilkan dampak sosial yang positif dengan akses energi terdesentralisasi, pembangunan berkelanjutan.

"Sehingga bisa mendorong Foreign Direct Investment (FDI) dalam transfer teknologi guna efisiensi energi, proses industri, kehutanan berkelanjutan serta restorasi lahan," jelas Saroha Marpaung.

Menurut Saroha Marpaung, tujuan utama menggunakan teknologi pemanfaatan

gas metana yang dihasilkan dari POME digunakan untuk bahan bakar gas engine, juga dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti cangkang di boiler.

"Keuntungan pemanfaatan teknologi ini bagi lingkungan yaitu mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah cair pabrik kelapa sawit. Serta pengurangan emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global," jelas Saroha Marpaung.

Berita Terbaru