Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Monyet Masuk Permukiman di Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 06 Maret 2022 - 07:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 3 ekor monyet ekor panjang memasuki permukiman warga di Gang Delima 2, Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Petugas pun dibuat repot oleh monyet-monyet liar itu. 

Gangguan monyet itu dilaporkan oleh Juniah warga setempat, Jumat, 4 Maret 2022. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Juniah, ketiga ekor monyet liar tersebut sudah beberapa hari terakhir selalu mengganggu dan merusak tanaman di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. 

Warga akhirnya memburu ketiga monyet itu. Dua ekor monyet liar melarikan diri dan masih tersisa seekor monyet lagi yang mengganggu. Akhirnya warga pun meminta pertolongan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur. 

Mendapat laporan itu sebanyak 10 personel Disdamkarmat Kotim dikerahkan. Setiba di lokasi gangguan, petugas menanyakan  tentang keberadaan seekor monyet liar terakhir dilihat.

"Setelah mendapatkan informasi, petugas kami langsung ditunjukan keberadaan seekor monyet liar tersebut," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Disdamkarmat Kotim, Hery Wahyudi, Sabtu, 5 Maret 2022. 

Petugas mencoba mendekatinya dengan membawa umpan yang telah disiapkan oleh warga, namun seekor monyet ekor panjang atau dikenal dengan nama latin Macaca fascicularis selalu menjauh. Monyet tersebut menaiki atap rumah warga.

"Hal ini cukup menyulitkan petugas kami. Sehingga kesulitan menangkapnya," ujarnya.  Beberapa metode sudah dilakukan petugas untuk menangkap monyet, namun upaya petugas belum membuahkan hasil. (USAY NOR RAHMAD/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru