Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekerjakan 4 Anak Buah Bersihkan Pasir Hingga Hasilkan Zirkon dan Emas

  • Oleh Naco
  • 08 Maret 2022 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Iwan Setiawan mempekerjakan 4 orang kerabatnya membantunya membersihkan pasir yang dibelinya hingga menghasilkan Zirkon dan Emas.

Adapun orang yang dipekerjakan itu yakni Sutarlan, Dwi Rohyanto, Wasiin dan Wigi Sutiarso, bagi aman kegiatan tambang ilegal itu dilakukan terungkap dari pengakuan para saksi ini.

Adapun kegiatan illegal mining penambangan Puya atau Zirkon dilakukan di kawasan usahanya PT Codra Km 28 Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sutarlan menyebutkan terdakwa ditangkap lantaran membeli pasir Zirkon, di mana saksi bersama 3 rekannya yang lain merupakan karyawan terdakwa.

"Terdakwa ini beli pasir kepada para penambang," kata saksi dihadapan hakim maupun jaksa, Selasa, 8 Maret 2022.

Saksi menyebut Zirkon itu dibeli  dengan harga per kilogramnya Rp7.000 hingga Rp 8.500. Kemudian dijual lagi dengan harga per kilogramnya Rp 11.000.

"Kami hanya kerja ikut Iwan saja, membersihkan pasir itu," kata saksi. Terkait ada izin atau tidak terdakwa melakukan kegiatan itu saksi bersama rekannya yang lain yakni Dwi Rohyanto, Wasiin dan Wigi Sutiarso tidak mengetahui.

"Kami kerja diupah sehari Rp 100 ribu oleh terdakwa," ucap saksi. Selain ada kandungan Zirkon pasir itu juga diakui saksi juga mengandung emas. Di mana emas itu dijual lagi per gramnya Rp 700 ribu.

Menurut saksi cara mereka membersihkan pasir itu dilarutkan dalam air dengan kemudian menggunakan alat diantaranya 2 buah alkon, selang pipa, selang spiral, cangkul, karpet, dan tempurung.

Perbuatan itu dilakukan terdakwa sejak akhir 2020 hingga akhirnya petugas kepolisian menangkapnya.

Jumat, 4 Februari 2022 terungkap kalau terdakwa diamankan, Sabtu 4 Desember 2021 di Jalan Codra Km 28 RT 13 Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur. (NACO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru