Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dekranasda - Pemprov Kalteng Fasilitasi IKM dalam Perdagangan Elektronik

  • Oleh ANTARA
  • 10 Maret 2022 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkolaborasi dalam memfasilitasi pelaku industri kecil menengah (IKM) melalui perdagangan elektronik.

"Media perdagangan elektronik atau biasa disebut e-commerce ini diinisiasi oleh Ketua Dekranasda Yulia Ivo Sugianto Sabran, yakni situs web tokokaltengberkah.com," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, Aster Bonawaty, Rabu 9 Maret 2022.

Ia mengharapkan melalui e-commerce ini pelaku IKM di Kalteng semakin mudah memasarkan produk yang dimiliki, tak hanya dalam daerah tetapi juga luar daerah, hingga akhirnya mampu meningkatkan pendapatan yang dimiliki.

Menurutnya transformasi digital dalam pengembangan bisnis atau usaha yang dimiliki IKM sangatlah diperlukan serta strategis. Terlebih sejak pandemi COVID-19 melanda hingga saat ini.

Saat ini, pandemi memaksa pelaku usaha harus mampu beradaptasi dan mengubah cara pandang dalam promosi, komunikasi serta distribusi.

Selain itu adaptasi kebiasaan baru dalam berbagai kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, juga mengubah gaya hidup masyarakat dalam aktivitas perdagangan.

"Untuk itu melalui e-commerce ini Dekranasda maupun Pemprov Kalteng ingin pelaku IKM terus berkembang dan mampu memaksimalkan jangkauan pasarnya," tegasnya yang juga merupakan Ketua Harian Dekranasda Kalteng tersebut.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk mengunjungi sekaligus membantu mempromosikan e-commerce tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan IKM Kalteng.

"Sudah bisa diakses dan dapatkan berbagai macam produk unggulan kerajinan khas Kalteng," ungkapnya.

Onna mengatakan digitalisasi sebagai salah satu kunci bagi pelaku usaha untuk bertahan dan terus berkembang. Oleh karena itu, pihaknya berupaya maksimal mendampingi serta memfasilitasi pelaku IKM sehingga bisa terus berkreasi dan berinovasi.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng juga mempersilakan kepada para pelaku IKM yang menemui kendala atau memerlukan pendampingan terkait pengembangan usaha, untuk datang ke kantor dan berkonsultasi untuk mencarikan solusi terbaik.

ANTARA

Berita Terbaru